dhovie165

Blag2an bukan Blog2an

[lagi] Harta Karun Dilaut Cirebon May 7, 2010

Filed under: Uncategorized — dhovie165 @ 7:05 am

Pada awal 2003 sekelompok nelayan yang melaut disekitar cirebon mengalami kesulitan menarik jaringnya,
salah seorang nelayan lantas menyela dengan peralatan sederhana kekedalaman laut, ternyata jaring menyankut di mangkuk porselen.

Isu tentang Mangkuk pporselen ini cepat menybar dan sampai Luc Heyman, Komandan Perburuan Harta Karun Cirebon ini,segera bergegas menuju lokasi yang dimaksud oleh nelayan nelayan itu.

Dengan peralatan lengkap Luc turun kedasar laut dan membawa bebrapa Porselen ke Arkeolog sekaligus melapor pada PPK,untuk ijin eksplorasi kapal tenggelam.

Bersama Tim dan peralatan lenngkap,Luc memulai ekspedisi kedalam laut sekitar Cirebon.tiap kali mengambil porselen,penyelam harus menulis letak kordinatnya agar nanti bisa diteliti secara ilmiaih. Pengangkatan Artefak ini dilakukan secara menual dengan alat penarik dari kapal, rak demi rak. Dalam prosesnya, 22 penyelam secara bergilir menyelam selama 22 ribu kali.

Artefak artefak yang diangkat itu diperkirakan karam pada tauhn 969 dan 971, kapal tersebut diperkirakan juga buatan bangsa Austronesia yaitu masyarakat yang tinggal di Nusantara bagian Barat, Sumatra,Malaysia,Champa(Vietnam),Tiongkok Selatan. Masih dugaaan semetara,kapal tersebut dari Tiongkok Selatan menuju Kawasan Semarang,Jawa Tengah.
Kapal ini terdampar dikedalam 58 meter dibawah laut sekitar Cirebon.

Menilik Harta karun yang terdapat pada kapal tersebut yaitu 271.381 keping benda berharga. Dan hanya 976 item yang menjadi milik pemerintah sebagai Cagar Budaya. Harga awal lelang keseluruhanya adalah USD 80 juta ( Rp.270 M0 .
Adapun jenisnya secara umum adalah Porselen dan Barang Pecah Belah
Benda benda ini merupakan muatan kapal sedangkan benda benda berharga lainya seperti Emas,Koin Perunggu,gagang pisau berlapis emas yang bertulis Arab,dll adalah milik penumpang,hal itu dilihat dari pelatakanya yang berada dibagian belakang dekat tempat penumpang.

Suumber:Harian Radar Lampung,kamis 6 Mei 2010.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s